Rabu, 25 Juli 2012

Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga


Pengeluaran rumah tangga memang sangat banyak dan terus bertambah.Siapa sangka harga tahu dan tempe yang semula sangat terjangkau kian beranjak naik menyaingi harga ikan segar. Belum lagi harga minyak goreng yang membuat para ibu rumah tangga semakin kelabakan. Agar keluarga tetap mendapat kualitas terbaik untuk makanan, ada beberapa hal yang bisa diakukan ibu rumah tangga untuk menyiasati pengeluaran yang kian membengkak. Terlebih jika dirumah ada anak balita yang harus disuplai dengan makanan begizi.
Beberapa hal yang bisa diakukan para ibu untuk menekan keperluan rumah tangga, antara lain :

1.Membiasakan diri berbelanja bulanan diawal gajian untuk keerluan satu bulan seperti beras, minyak  goring, gula pasir, garam, detergen, obat pel, pelembut, dan kebutuhan lainnya yang bisa disimpan selama 1 bulan. Berbelanja dipasar induk dengan jumlah banyak atau grosiran pastinya lebih murah ketimbang membeli secara eceran. Lumayan bisa menghemat setidaknya 10% dari total pengeluaran sembako.

2.Manfaatkan lahan kosong di rumah untuk  menanam aneka bumbu dapur. Selain segar dan bebas pestisida, Andapun bisa menghemat  pengeluaran.

3.Mulailah berkreasi dengan sayuran yang ditumis, tim atau rebus. Begitu pula dengan lauk, Anda dpat berkresi dengan pepes, steam, maupun bakar, dan panggang. Selain menghemat minyak goring, Andapun tank perlu khawatir dengan kolesterol dan kesehatan jantung.

4.Jangan membuang derigen minyak atau botol kemasan beks pelembut atau obet pel. Dengan begitu, dibulan berikutnya  Anda hanya perlu membeli kemasan isi ulangnya saja.

5.Jika selama ini para ibu membuang sisa sabn mandi batangan yang tidk terpakai, mulailah ntuk memanfaatkannya kembali dengan cara menggerusnya, memanaskannya dan kemudian mencetak kembali dlam satu bentuk yang utuh. Andapun dapat memanfaatkanya kembali sebagai sabun cui tangan.

6.Bersihkan rumah secara berkala. Jika Anda menemukan barang tak terpakai  yang hanya akan memenuhi dan mengotori ruangan macam koran bekas dan aki, And bisa menjualnya pada tukang loak yang biasa bekeliing di komplek perumahan. Bahkan jika anda kreatif, Koran bekas bisa disulap menjadi aneka barng yang berguna dan bahkan berelang menjadi sumber penghasilan baru.

Demikian cara cermat menghemat pengeluaran rumah tangga. Anda tidak perlu lagi kebingungan dengan jumlah pengeluaran setelah mengikuti tips-tips diatas.Temukan juga tentng bagaimana memilih pakaian perempuan

0 komentar:

Backlinks to my website? ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for FreeTips dan Trik Sukses Bisnis OnlineindotradingUAW BMKGNTTfree indotradingcms | indotradingsakpa
Search Engine
www.e-referrer.com