Sabtu, 04 Agustus 2012

RESEP KOPI ARAB KHAS BUKA PUASA BULAN RAMADHAN


RESEP KOPI ARAB KHAS BUKA PUASA DI BULAN RAMADHAN UNTUK BERBUKA PUASA. Kopi Arab merupakan campuran kopi Arabika dengan aneka rempah - rempah Khas Arab. Di antarannya jahe, kayu manis, kapulaga, daun jeruk wangi, cengkeh, dan daun pandan. Ramuan ini membuat kopi Arab mempunyai aroma rempah yang kuat. Menurut masyarakat Arab di Indonesia, campuran rempah pada minuman ini bisa membuat kondisi tubuh cepat segar dan tenaga pulih kembali setelah berpuasa seharian pada Bulan Ramadhan. Rempah - rempah direbus dulu bersama kopi dan gula hingga mendidih kemudian Kopi Arab dituang kedalam gelas kecil - kecil dan siap dihidangkan ke tamu - tamu di masjid untuk berbuka puasa di minum bersama 3 biji kurma lalu Shalat Maghrib berjamaah. Berikut resep Kopi Arab dan Cara bikin nya :

BAHAN :
  • 1 Kg Kopi
  • 1 Kg jahe
  • 10 Butir Cengkeh
  • 1 Batang Kayu manis
  • 25 Kapulaga
  • 2 lbr Daun Pandan
  • 1 buah jeruk wangi
CARA MEMBUAT KOPI ARAB KHAS BULAN PUASA RAMADHAN :
  1. Jahe diiris tipis-tipis lalu dijemur sampai kering kurang lebih 2 hari.
  2. Kopi Arabica disanggrai sampai berwarna Merah keclokatan, kurang lebih 40menit (jangan sampai gosong).
  3. Jahe yang telah dijemur kering disanggrai sampai berwarna coklat muda atau sampai kira-kira kelihatan matang. Dalam menyanggrai, jahe jangan dicampur dengan kopinya.
  4. Kayu manis dan cengkeh disanggrai bersama sekitar 20 menit.
  5. Kapulaga dikupas kecil-kecil bijinya beserta kulitnya.
  6. Semua bahan siap dicampur.
  7. Sajikan dengan air panas dengan perbandingan 1 sendok makan kopi dan 2sendok makan gula, atau sesuai selera anda tambahkan daun pandang yang telah disiapkan.

0 komentar:

Backlinks to my website? ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for FreeTips dan Trik Sukses Bisnis OnlineindotradingUAW BMKGNTTfree indotradingcms | indotradingsakpa
Search Engine
www.e-referrer.com